Minggu, 28 Februari 2010

Dalam adat batak dunia terbagi kedalam 3 alam yakni :

1. Banua Ginjang (alam atas)

2. Banua Tonga (alam yang kita tempati )

3. Banua Toru (alam bawah)

banua ginjang adalah tempat Mula Jadi Nabolon sang penguasa ketiga banua tadi. DIA yang maha kuasa dan punya kekuatan tanpa batas.

mula jadi nabolon sebagai Alpha dan Omega (na so marmula jala na so marujung) menciptakan manusia itu dari tiga unsur

1. daging (jasad)

2. hosa (nafas kehidupan)

3. tondi (roh)

Dari 3 unsur kehidupan ini daging, hosa dan tondi, maka daging hosa tak bisa kekal tapi tondi bisa kekal dan mempunyai kekuatan (sumangot), karena setelah manusia mati maka daging dan hosa akan menjadi tanah tapi tondi mengawang dan cenderung seperti mempunyai kekuatan atas restu mula jadi nabolon. Dalam pemahaman kebatakan tondi seseorang bahkan selalu mengawasi keturunannya dan masih bisa member berkah, petaka dan lainnya dan sebab itu perlu dihargai dan dihormati dan dijaga wibawanya.

Maka jika orang masih hidup itu karena dalam tubuhnya masih ada hosa dan tondi. Jika tondi telah hilang maka orang itu hanya daging hidup yang tak punya makna dan jika hosanya telah menghilang dari daging maka daging sdh menjadi mayat

Jadi kematian dalam kebatakan ada karena kehendak mula jadi nabolon, ada karena kuasa begu (hantu)/setan) dan ada karena dijemput sumangot dari nenek moyang dengan berbagai cara, yaitu jatuh sakit dan lain.

0 komentar:

Poskan Komentar